Minggu, 07 Mei 2017

Mitos dan Fakta Tentang Batuk

MITOSATAUFAKTA.COM - Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman.
Mitos dan Fakta Tentang Batuk

Batuk dan pilek merupakan penyebab tersering seseorang berobat ke dokter. Sebagian besar batuk memang tidak berbahaya namun bisa sangat mengganggu. Ada banyak sekali mitos tentang batuk yang beredar di masyarakat, bahkan sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang batuk yang harus Anda ketahui:
Mitos #1Semua batuk disebabkan oleh infeksi.
FaktaTidak semua batuk disebabkan oleh infeksi. Batuk juga bisa disebabkan oleh alergi, adanya benda asing di saluran napas, gastro esophageal reflux disease (GERD), atau gagal jantung.

Mitos #2Antibiotik membuat batuk lebih cepat sembuh.
FaktaSebagian besar batuk disebabkan oleh infeksi virus, artinya pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh apa pun. Antibiotik hanya diberikan jika batuk memang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kuman menjadi kebal (resisten).

Mitos #3Batuk lama pasti disebabkan oleh tuberkulosis (TBC).
FaktaAda banyak penyebab batuk kronis atau batuk lama, di antaranya tuberkulosis, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), alergi, asma, kanker paru, dan sebagainya.

Mitos #4Obat batuk dapat menyebabkan kantuk.
FaktaHanya obat batuk yang mengandung antihistamin chlorpheniramine yang dapat menyebabkan kantuk. Obat batuk yang tidak dikombinasikan dengan antihistamin tersebut tentu saja tidak akan membuat Anda mengantuk.

Mitos #5Kehujanan atau udara dingin dapat menyebabkan batuk pilek.
FaktaBatuk dan pilek pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, bukan disebabkan oleh air hujan maupun udara dingin. Pada beberapa penderita asma dan alergi, udara dingin memang bisa memicu serangan asma.

Mitos #6Makan sup hangat atau minum alkohol bisa menyembuhkan batuk. pilek
FaktaSup hangat atau alkohol memang bisa membuat tubuh lebih hangat. Makanan atau minuman hangat bisa membuat tenggorokan terasa lebih enak, namun bukan berarti menyembuhkan.

Mitos #7Tidak boleh mandi saat batuk pilek.
FaktaMandi tidak akan membuat batuk pilek semakin parah. Justru mandi dapat membuat tubuh lebih bersih serta menjaga tubuh dari sumber penyakit seperti bakteri.