Minggu, 07 Mei 2017

Kebiasaan Isap Jempol Waktu Bayi Bisa Bikin Gigi Tonggos (FAKTA)

MITOSATAUFAKTA.COM - Anak-anak yang masih bayi paling suka mengisap jempol, mungkin karena mengira jempol mirip dengan puting susu ibunya.
ILUSTRASI Kebiasaan Isap Jempol Waktu Bayi Bisa Bikin Gigi Tonggos (FAKTA)
Terkadang kebiasaan ini berlanjut hingga balita dan kanak-kanak. Awas, kebiasaan ini bisa membuat gigi rusak dan tonggos.


Diperkirakan hampir 80 persen balita memiliki kebiasaan mengisap jempol. Mengisap jempol merupakan refleks normal yang terjadi pada anak-anak untuk menenangkan diri saat mengalami stres. Bagi orang tua, kebiasaan ini terlihat menenangkan. Tapi bagi bayi, kebiasaan ini bisa membuat giginya tonggos.

"Mengisap jempol bisa membuat gigi tonggos karena kalau dia menghisap jempol, gigi atasnya terdorong keluar, gigi bawah tertekan ke belakang. Jadi sebaiknya kebiasaan ini dihindari dari anak kecil mulai tumbuh gigi," jelas drg Dedy Yudha Rismanto Sp Perio, pakar periodonsia dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia seperti ditulis Jumat (3/5/2013).
ILUSTRASI Gigi Tonggos

Potensi terjadinya kerusakan akan semakin besar saat gigi susu sudah berganti dengan gigi permanen. Selain itu, intensitas mengisap jempol juga ikut mempengaruhi tingkat kerusakan. Jika intensitasnya kuat, maka bisa menyebabkan kerusakan gigi yang permanen.

"Kecenderungan mengisap jempol ini terjadi saat balita, tapi sampai masa remaja masih bisa mempengaruhi gigi tonggos. Untuk mengatasinya bisa bisa ke ortodontik. Kalau ekstrim sekali, baru pendekatannya pakai operasi. Tapi kalau yang tidak parah pakai prosedur ortodentik biasa seperti behel saja," terang drg Yudha.

Para ahli menyarankan kepada orang tua agar tidak memberi dorongan kepada anaknya untuk mengisap jempol. Namun di sisi lain, hindari memberikan tekanan karena akan meningkatkan stres dan keinginan anak untuk mengisap jempol.

Untuk membantu mengatasi anak yang mengisap jempol diperlukan terapi seperti memberikan sarung tangan kecil pada jari-jarinya, terutama saat malam hari. Jika anak mengisap jempol karena cemas atau stres, berilah hiburan atau pelukan yang bisa memberikan rasa nyaman bagi anak.

Selain membuat tonggos, ada juga beberapa kerusakan yang ditimbulkan akibat mengisap jempol, yaitu penyelarasan gigi yang tidak normal (malocclusion), kerusakan struktur langit-langit mulut, hingga terkadang menyebabkan anak menjadi cadel.

 


#==========
Kami juga sertakan kutipan tentang FAKTA Kebiasaan Isap Jempol Waktu Bayi Bisa Bikin Gigi Tonggos dari salah satu artike klikdokter.com


Mitos vs Fakta # 4
Mitos : Anak yang punya kebiasaan menghisap jari giginya bisa maju atau tonggos.
Fakta : Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan thumb sucking pada anak dapat menyebabkan gigi depannya tonggos, tapi bergantung pada beberapa hal. Misalnya, sampai berapa lama anak tersebut terbiasa menghisap jari. Seberapa sering ia menghisap jari dalam sehari dan besarnya tekanan hisap si anak juga dapat mempengaruhi derajat keparahan. Kebiasaan menghisap jari yang bertahan antara 36 dan 48 bulan dapat meningkatkan resiko majunya gigi depan secara signifikan.