Senin, 08 Mei 2017

Mitos Atau Fakta Mengupil Dapat Menimbulkan Kebutaan Bahkan Kematian?

MITOSATAUFAKTA.COM - Ngupil” (dalam bahasa Inggris : boogies, bogeys) adalah kegiatan manusia membersihkan kotoran atau benda asing yang ada dalam hidung. Membram mukosa di rongga hidung akan dihasilkan dan diproduksi terus menerus setiap hari, yang akan mengering karena kelembanan udara, dan membentuk padatan yang kita sebut upil. Sekreta yang kering ini akan menempel pada rambut kecil (silia) di rongga hidung.
Mitos Atau Fakta Mengupil Dapat Menimbulkan Kebutaan Bahkan Kematian?
Setiap orang pasti pernah “ngupil”. Kesukaan “ngupil” ini tergolong menyenangkan, dan ternyata hampir dilakukan oleh setiap orang tanpa melihat usia. Meski ada yang menyebut “ngupil” adalah kegiatan yang bermanfaat dan mengasyikkan, namun ada pula yang menyebut “ngupil” adalah perilaku manusia yang dinilai negatif, jorok, dan berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan efek kematian. Benarkah “ngupil” ini berbahaya dan dapat menimbulkan kebutaan bahkan kematian? Berikut penjelasannya
Jawabannya: FAKTA.
Aliran pembuluh darah balik yang tidak memiliki katup pada bagian wajah, juga memiliki arti klinis penting. Infeksi yang terjadi pada bagian atas bibir maupun hidung dapat dialirkan melalui pembuluh darah ini kearea mata dan menyebabkan kebutaan. Bahkan dalam kasus yang lebih berat thrombosis yang terjadi dapat menyebabkan sumbatan serius pada anyaman pembuluh darah balik di dasar otak yang dapat menimbulkan koma hingga kematian. Contohnya bisul, infeksi berat pada kulit.
Mengupil Dapat Menimbulkan Kebutaan Bahkan Kematian?
Jadi tidak dianjurkan untuk memencet jerawat atau bisul pada bagian hidung atau atas bibir terutama pada orang-orang yang memiliki sistem imun yang lemah (kencing manis, geriatri, dll).

*) Bonus Video,Diperankan Oleh Model