Rabu, 10 Mei 2017

Mitos Atau Fakta : Menyusui membuat Payudara Kendur?

 MITOSATAUFAKTA.COM - Banyak anggapan bahwa menyusui menjadi salah satu penyebab utama bentuk payudara menjadi kendur. Hal ini tentu tidak adil bagi kaum hawa. Ada banyak faktor lain yang menentukan.
Menyusui membuat Payudara Kendur?
Beberapa ibu lebih suka memberikan susu formula ketimbang Air Susu Ibu (ASI). Hal ini tentu tidak adil bagi sang buah hati.

Dilansir Boldsky, Selasa (17/4) para peneliti mengungkapkan ternyata menyusui justru menyehatkan bagi bayi dan ibunya. Menyusui dapat mempererat ikatan antara ibu dan bayi. ASI menjadi sumber nutrisi bagi bayi yang bebas bahan kimia. 
Menyusui membuat Payudara Kendur?
Akan tetapi benarkah menyusui dapat membuat payudara kendur?

Fakta 1
Mayoritas perempuan berpendapat menyusui akan mengubah bentuk payudara menjadi tidak kencang. Namun para ahli menegaskan menyusui bukan satu-satunya alasan tetapi ada faktor lain.

Fakta 2
Penelitian membuktikan tak ada perbedaan antara dua kelompok wanita yang memilih memberikan ASI dan wanita memberikan susu formula. Mereka menyimpulkan tak ada kaitannya menyusui dengan kendurnya payudara.

Fakta 3
Penelitian juga menyebutkan menyushi dapat membuat kulit di area dada lebih sehat.

Fakta 4
Sebenarnya, kehamilan itu sendiri juga mempengaruhi payudara lebih dari sekadar menyusui. Selama kehamilan, saat ASI mulai diproduksi, ukuran dan bentuk payudara pun berubah.
 
Fakta 5
Ketika berat badan naik, otot ligamen yang dekat dengan dada akan menjadi ketat dan menyebabkan payudara kendur.

Fakta 6
Faktor genetik juga dapat memengaruhi bentuk, ukuran, dan kekenyalan payudara.
 
Fakta 7
Faktor usia, kehamilan kedua dan selanjutnya, kebiasaan merokok, kegemukan, juga menjadi pemicu kendurnya payudara.

Fakta 8
Menyusui juga dapat meminimalisir kanker payudara dan kanker ovarium sebelum menopause.
Fakta 9
Berhenti merokok, atur berat tubuh, olahraga teratur, pakai pelembab di area dada akan mampu mencegah kendurnya payudara.
Sumber: jawapos.com