Rabu, 03 Mei 2017

Mitos atau Fakta : Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?

MITOSATAUFAKTA.COM - Sudah menjadi trik lama kalau pasta gigi digunakan pula untuk menyembuhkan jerawat. Beberapa ada yang berhasil dan berkata bahwa pasta gigi bisa mengeringkan jerawat. Keberhasilan tersebut pun menjadikan pasta gigi sebagai salah satu trik mudah bila perawatan jerawat yang biasanya tiba-tiba menjadi tidak ampuh. Namun, apakah sebenarnya trik ini benar-benar efektif? Apakah banyak memberikan manfaat daripada kerugian ataukah sebaliknya?
Mitos atau Fakta : Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?
Foto: Thinkstock

"Pasta gigi mengandung beberapa bahan tertentu, baking soda, hydrogen peroxide, alkohol, menthol, minyak esensial, dan triclosan, yang bisa mengeringkan jerawat. Namun, tidak ada bahan-bahan di pasta gigi yang membuat metode ini lebih efektif daripada metode konvensional," kata Dr. Neal Schultz, dermatologist asal New York, seperti dikutip dari Huffington Post.
Mitos atau Fakta : Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?
Foto: Dok. Getty Images
Dr. Rebecca Baxt, seorang dermatologist yang juga berasal dari New York, mengatakan bahwa reaksi yang ditimbulkan bisa parah dan menimbulkan breakout. "Pasta gigi itu untuk gigi, bukan kulit. Ini bisa mengiritasi kulit dan dianggap sebagai kelebihan karena mengeringkan jerawat. Sebenarnya yang terjadi adalah iritasi dan kemerahan bahkan pengelupasan," tambah Dr. Rebecca.

Perawatan rumahan memang semakin populer saat ini. Terlebih lagi dengan banyaknya perawatan DIY atau Do-It-Yourself yang menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Pasta gigi memang bukan bahan DIY, namun kerap dijadikan trik praktis apabila Anda terkena jerawat. Trik tersebut ditemukan di banyak media sosial, seperti Instagram atau Twitter sehingga semakin banyak pula wanita yang ingin mencobanya.

Kemungkinan jerawat akan kering dan menghilang itu bisa saja, namun Dr. Rebecca dan Dr. Neal tetap tidak menyarankan karena reaksi yang didapatkan bisa lebih parah dari hanya sekadar pengeringan jerawat itu sendiri.
Mitos atau Fakta : Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?
Mitos atau Fakta : Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?
Ya, benzoyl peroxide dan salicylic acid memang bahan yang dapat menyembuhkan jerawat dan lebih aman daripada pasta gigi. Dilansir dari TeenVogue, salicylic acid memiliki formula untuk tidak hanya menyembuhkan jerawat, namun juga memberikan efek menenangkan kulit karena memiliki antiinflamasi. Benzoyl peroxide sendiri akan bekerja dengan sangat baik bila diaplikasikan dalam dosis yang tepat. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk menyembuhkan segala jenis jerawat, dari blackhead, whitehead, hingga jerawat cystic. Jadi, apakah fakta atau mitos kalau pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat? Mitos!