Sabtu, 06 Mei 2017

Mitos atau Fakta Malam Pertama Tidak Keluar Darah = Tidak Perawan, Berikut Penjelasan Lengkapnya!!

MITOSATAUFAKTA.COM Keluarnya darah saat melakukan hubungan intim untuk pertama kali seringkali dijadikan indikator yang menentukan perawan atau tidaknya seorang perempuan.

Sebagian besar orang percaya, perempuan yang masih perawan akan mengeluarkan darah saat malam pertama karena selaput dara yang ada di dalam vagina robek. Benarkah hal tersebut?


Dikutip dari klikdokter.com,
Tidak Keluar Darah Pada Malam Pertama
Pria, 23 tahun.selamat malam dok... saya pengantin baru..19th saya mau tanya kenapa ya kok pas malam pertama saya tidak keluar darah..??padahal sebelumnya saya belum pernah melakukan hubungan intim..selain dengan suami saya yg sekarang..??kenapa ya dok..?? terimakasih

Dijawab Oleh:

dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diluruskan pengertian bahwa tidak selalu hubungan dengan wanita perawan menyebabkan perdarahan. . Izinkan kami menjelaskan tentang konsep keperawanan. Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah:
1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan
2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali. 
Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memiliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.
Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 
Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak walau sudah pernah melakukan hubungan intim sebetulnya dapat diperiksa sendiri, yaitu dengan menggunakan cermin. Namun, hal itu sulit dilakukan dan sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis terlatih. Dokter umum dapat memeriksa dengan cara melihat langsung bagian depan kemaluan/vagina.
Bila tidak mengeluarkan darah saat hubungan pertama kali belum tentu menunjukkan bahwa Anda bukan perawan. Bisa saja memamg terhadap kelainan pada hymen Anda. Belum tentu semua yang berhubungan pertama kali mengelarukan darah.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)